Posted on

Ingin Memetik Apel di Malang? Kunjungi Tempat Wisata Ini

Petik Apel Kusuma Angrowisata

Wisata di Malang memang tidak ada habisnya. Mulai dari wisata alam sampai wisata tematik, semua ada di sini. Hanya saja, sebagai kota yang dikenal sebagai Kota Apel, tentunya wisata di Malang belum lengkap jika belum merasakan sensasi wisata petik apel! Yup, ternyata Malang memiliki beberapa tempat wisata yang menyediakan wisata memetik buah apel untuk para pengunjungnya, lho. Bahkan, kamu tak hanya bisa merasakan panen di kebun apel saja, tetapi juga belajar langsung mengenai buah ini. Tertarik? Simak selengkapnya, yuk!

Kusuma Agrowisata

Kusuma Agrowisata merupakan salah satu pioneer wisata agro di Indonesia. Terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Kota Wisata Batu, di tempat ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru sekaligus menginap semalaman. Salah satu aktivitas yang ditawarkan adalah memetic buah dan sayuran, seperti apel, jeruk, jambu merah, buah naga, stroberi, hingga sayur hidroponik bebas pestisida. Kusuma Agrowisata terletak pada ketinggian kurang lebih 1000 meter dari permukaan laut sehingga udara sejuk akan sangat terasa. Menariknya, sambil memetik buah, pemandu wisata yang mendampingi akan menjelaskan tentang budidaya sekaligus hal-hal yang berkaitan dengan buah tersebut. Seru, ya!

Wisata Petik Apel Agro Rakyat

Lokasi wisata berikutnya yang menawarkan pengalaman petik apel langsung dari pohonnya adalah Wisata Petik Apel Agro Rakyat. Berada di Jalan Raya Sidomulyo, Kecamatan Batu, di sini kamu akan dihadapkan langsung dengan kebun apel yang luas, serta bebas untuk berjalan di tengah-tengahnya. Kamu juga diperbolehkan untuk memetik atau memanen apel yang sudah matang. Jika apel yang dipetik ingin dibawa pulang, silakan membayar sesuai biaya yang sudah ditentukan, ya. Wisata Petik Apel Agro Rakyat ini buka sejak pagi hingga sore, dan untuk menikmatinya, kamu tinggal membayar tiket masuk saja sebesar IDR 25.000.

Wisata Petik Apel Mandiri

Untuk kamu yang ingin memetik apel sembari wisata edukasi, jangan lupa mampir ke Wisata Petik Apel Mandiri. Berdiri sejak tahun 2012, Wisata Petik Apel Mandiri merupakan tempat wisata yang dikelola dengan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasannya. Lokasinya berada di Jl. Raya Junggo No.33, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, dan buka sejak pagi hingga sore. Di sini, kamu bisa menemukan lahan pohon apel yang bisa dikunjungi sepanjang tahun. Selain memetik dan memanen sendiri buah apel langsung dari pohonnya, kamu juga bisa mempelajari proses cara bertani buah apel dari awal sampai fase pemanenan, serta didampingi oleh guide yang akan menjelaskan seluk beluk soal apel.

Wisata Petik Apel KTMA

Wisata petik apel KTMA atau Kelompok Tani Makmur Abadi merupakan salah satu tempat wisata di Malang yang juga banyak dikunjungi oleh wisatawan. Menariknya, tempat wisata ini dikelola langsung oleh para petani apel sehingga sudah pasti terjaga kualitasnya. Apel yang dapat dipetik serta dipanen di tempat wisata ini di antaranya apel anna, apel manalagi, dan juga apel roombeauty. Selain itu, tak hanya memetik, kamu juga bisa memakan apel sepuas mungkin selama di sana. Namun, jika ingin dibawa pulang, maka apel yang hendak dibawa akan ditimbang dan dikenai harga sesuai pasaran. Wisata Petik Apel KTMA terletak di Jl. Raya Tulungrejo No.24, Tulungrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, dan buka sejak pagi hingga sore. Jadi, jangan lupa berkunjung, ya!

Itu dia beberapa tempat wisata petik apel yang bisa kamu kunjungi selama berada di Malang! Nah, biar pengalaman berlibur kamu semakin lengkap, jangan lupa mampir juga untuk membeli oleh-oleh khas Malang yakni Pia Cap Mangkok, ya! Pia ini memiliki berbagai varian rasa yang tak kalah menarik untuk dicicipi, jadi pastinya cocok sekali untuk dijadikan sebagai buah tangan.