Posted on

Sajian Nikmat untuk Sambut Hari Raya di Rumah

Lebaran sebentar lagi! Untuk menyambut hari raya, setiap rumah pastinya memiliki tradisi yang berbeda dalam memeriahkan momen lebaran. Namun demikian, ada satu hal yang tetap sama terlepas dari tradisi apa pun yang dianut; yakni sajian nikmat untuk disuguhkan di atas meja. Ada kue kering, dessert, atau bahkan aneka makanan manis lainnya yang siap untuk disajikan pada para tamu yang datang saat bersilaturahmi.

Agar momen lebaran makin berkesan, ini dia beberapa sajian nikmat untuk lebaran yang bisa Anda coba:

Kue kering 

kue kering lebaran by Rido Fadilah (Shutterstock)

Semua orang pasti setuju bahwa sajian kue kering memang harus ada saat hari raya. Bagaimana tidak, kue kering ini tampaknya sudah menjadi simbol perayaan, di mana setiap rumah pasti memiliki toples-toples yang telah diisi kue kering untuk menyambut para tamu. Pilihan kue keringnya pun beraneka ragam: ada nastar, kaastengel, hingga kue putri salju. Biasanya, sambil menjamu tamu dan bertukar cerita, kue kering ini akan disajikan dengan secangkir teh atau kopi. Anda sendiri bagaimana? Sudah menyiapkan kue kering untuk menciptakan momen hangat di rumah saat menjamu tamu?

Manisan Kolang Kaling

Resep Manisan Kolang Kaling. Instagram/@rikhatiwi

Selain kue kering, manisan kolang-kaling juga menjadi sajian yang kerap ada saat hari raya. Manisan ini biasa disajikan menjelang tengah hari, untuk meredakan dahaga dan juga menghilangkan sisa santan pada mulut setelah menyantap ketupat dan opor. Rasanya yang manis dan segar pastinya bisa menambah kemeriahan di rumah begitu manisan ini disajikan. Sedikit informasi, manisan kolang kaling ini bisa dibuat beberapa hari menjelang lebaran, lalu disimpan di kulkas agar dingin saat disajikan. Cara membuatnya juga mudah, karena kolang kaling ini bisa dikreasikan dengan aneka rasa dan warna. Bahan-bahan yang dibutuhkan yakni kolang-kaling, daun pandang, sirup sesuai selera, gula pasir, dan juga air. Masak semua bahan sampai matang, lalu pindahkan ke wadah. Yum, manisan kolang-kaling sudah jadi, deh!

Tape Ketan

Tape ketan merupakan salah satu kudapan tradisional yang populer di Indonesia. Sajian ini terbuat dari beras ketan yang diolah sedemikian rupa dan difermentasi dengan ragi. Rasanya manis dan sedikit asam. Biasanya, tape ketan akan disajikan dengan uli sehingga terasa legit dan nikmat. Tape ketan ini ada yang berwarna hitam keunguan, hijau, atau bahkan putih kemudian dibungkus dengan daun. Meskipun sajian tape ketan saat hari raya ini lebih populer di Jakarta, khususnya Betawi, tapi tak ada salahnya nih untuk disajikan di rumah Anda sebagai variasi.

Pia

Snack Khas Malang Pia Cap Mangkok

Sebagai pelengkap sajian kue kering, pia juga bisa kamu sajikan di atas meja untuk sambut hari raya. Pasalnya, tidak hanya awet, pia juga memiliki citarasa universal yang pastinya disukai oleh keluarga, kerabat, atau setiap tamu yang datang. Terlebih lagi, pia juga sangat mudah disajikan—tinggal disimpan pada wadah yang kedap udara, dan nikmat ketika dikonsumsi dengan minuman dingin atau hangat. Sekarang ini, pia sudah hadir dengan berbagai cita rasa, yang bisa Anda pilih sesuai selera. Mulai dari rasa original seperti kacang hijau, cokelat, dan keju, hingga berbagai rasa baru yang kekinian seperti durian, tangkwe, kopi, hingga greentea. Sehingga bisa dipastikan, pia ini dapat memenuhi kebutuhan serta citarasa favorit generasi tua maupun muda. Nah, bagi Anda yang ingin menghadirkan pia ini di rumah, salah satu yang kami rekomendasikan adalah Pia Cap Mangkok. Pia ini merupakan pia legendaris yang sudah ada sejak tahun 1959. Mencarinya juga tidak sulit dan tidak membuat Anda harus jauh-jauh ke Malang karena bisa dibeli secara online di toko official Pia Cap Mangkok melalui marketplace.

Itu dia beberapa sajian nikmat untuk sambut hari raya di rumah. Di kediaman Anda sendiri bagaimana? Apakah punya sajian khusus setiap Idul Fitri? Semoga artikel di atas bisa memberi Anda inspirasi, ya!