Posted on

Untuk Kamu Para Pencari Adrenalin! Coba Paralayang di Malang, Yuk!

Wisata Paralayang Batu - Pia Cap Mangkok

Sumber Foto: https://flickr.com/photos/mazuu/8671605132/

Paralayang atau paragliding merupakan olahraga terbang bebas dengan menggunakan sayap kain atau parasut yang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Olahraga ini sangat cocok untuk para pecinta adrenalin karena benar-benar harus dilakukan dari tempat tinggi serta bermodalkan angin saja tanpa mesin pada parasut yang dikenakan. Untuk itu, tak sedikit masyarakat yang ingin mencicipi aktivitas paralayang ini setidaknya sekali seumur hidup, namun mencari tempat wisata yang menyediakan hal ini mungkin sedikit tricky.

Nah, untuk kamu yang tengah mencari wisata paralayang di Malang, tepat banget nih. Ada tempat yang dinamakan Paralayang Batu, di mana kamu bisa mencicipi olahraga ekstrem paralayang dari ketinggian 1315 mdpl. Tidak hanya merasakan sensasi berlari dari atas bukit kemudian terbang bebas saja, tetapi kamu juga bisa melihat pemandangan Malang dari atas ketinggian, lho. Tertarik? Simak infonya!

Paralayang Batu terletak di kawasan Gunung Banyak, tepatnya di Jalan Arumdalu No. 20, Batu. Dari pusat kota Batu, kamu hanya perlu berkendara sekitar 25 menit karena jaraknya hanya sekitar 10 km saja. Aksesnya juga cukup banyak, lho, sehingga untuk mencapai tempat ini tidaklah sulit. Hanya saja, berhati-hatilah dengan jalan menanjak serta berkelok karena memang tempat ini berada di area yang cukup tinggi. Namun demikian, pemandangan yang disuguhkan sepanjang jalan pastinya akan membuat kamu terpukau, kok!

Sesampainya di sana, untuk menikmati aktivitas paralayang ini, kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam, nih. Pertama, kamu perlu membayar tiket masuk sebesar IDR 10.000 untuk weekdays dan IDR 15.000 untuk weekend, kemudian biaya parkir (IDR 5.000 untuk motor dan IDR 10.000 untuk mobil). Sementara untuk biaya paralayang sendiri tersedia beberapa paket dengan range harga yang beraneka yakni IDR 450.000 – IDR 850.000. Silakan dipilih sesuai dengan kebutuhan saja, ya! Lalu, perlu dijadikan perhatian juga bahwa harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. 

Untuk aktivitas paralayang sendiri bisa dinikmati oleh siapa pun yang berusia 18 hingga 60 tahun baik yang pemula maupun profesional sekali pun. Tidak perlu takut jika belum pernah mencoba paralayang sebelumnya, karena kamu sudah pasti didampingi oleh instruktur. Jika kamu belum berusia 18 tahun dan ingin mencicipi aktivitas paralayang, sebetulnya diperbolehkan juga. Hanya saja kamu perlu mendapatkan persetujuan orang tua terlebih dahulu, ya!

Selain wisata paralayang, di tempat ini kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya, lho. Mulai dari outbond, flying fox, atau bahkan sekadar berfoto cantik di Omah Kayu. Bagi yang ingin menginap dan merasakan udara Malang yang sejuk di atas ketinggian juga bisa. Tersedia Penginapan Omah Kayu yang dibanderol dengan harga IDR 350.000 hingga IDR 450.000.

Paralayang Batu bisa kamu kunjungi sejak pagi hingga malam. Di pagi hari, kamu akan disambut dengan pemandangan cantik perbukitan yang hijau, sementara di malam hari, kamu akan melihat pemandangan langit yang bersih dengan lampu berkerlipan. Keduanya sama-sama cantik, jadi silakan dikunjungi, ya! Selamat mencoba!