Posted on

Belanja Oleh-Oleh Saat PPKM Darurat? Intip Tips-nya, Yuk!

Oleh oleh Malang

PPKM atau Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat merupakan kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia sejak awal tahun 2021. Hingga Juli ini, PPKM Darurat tetap berlaku demi menekan angka persebaran COVID-19 yang terus meningkat. Traveling tentunya masuk ke dalam aktivitas yang tidak disarankan untuk dilakukan saat PPKM, namun aktivitas bisnis lainnya seperti business trip masih bisa dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol yang berlaku.

Nah, bagi Anda yang berkesempatan untuk business trip ke Malang, mungkin Anda hanya bisa menghabiskan sebagian besar waktu di kamar hotel saja karena adanya pembatasan ini. Namun demikian, jangan khawatir. Untuk mengobati rasa sedih, Anda bisa membeli oleh-oleh khas Malang sebagai buah tangan tanpa perlu keluar dari hotel selama PPKM Darurat. Bagaimana caranya? Simak tips berikut, ya!

Tips Beli Oleh-Oleh Tanpa Harus Keluar Hotel

Bingung harus membawa oleh-oleh apa untuk kerabat atau keluarga di rumah saat business trip di era PPKM? Dengan memanfaatkan jasa ride hailing, Anda bisa berburu oleh-oleh dengan mudah tanpa harus keluar kamar. Begini caranya:

Pilih varian oleh-oleh yang diinginkan

Malang memiliki banyak sekali varian oleh-oleh, mulai dari makanan kekinian hingga makanan tradisional sekalipun. Selain makanan, ada juga berbagai merchandise atau souvenir khas Malang yang bisa dijadikan pilihan. Sebelum membeli, ada baiknya lakukan riset dulu mengenai oleh-oleh seperti apa yang Anda inginkan. Jangan lupa juga pertimbangan budget-nya.

Pilih toko oleh-oleh

Selain mengecek varian oleh-olehnya, jangan lupa memilih toko yang menyediakan pengiriman same day dengan Gojek atau Grab. Anda juga bisa mengontak pihak toko melalui nomor kontak whatsapp yang tersedia terkait pengiriman. Atau Anda juga bisa memilih toko oleh-oleh yang tersedia di beberapa marketplace seperti Tokopedia, Shopee, atau Bukalapak, seperti Pia Cap Mangkok, misalnya. Lumayan, kan, jika seandainya Anda rindu dengan Malang sesampainya di rumah, Anda bisa memesan oleh-oleh ini juga dari rumah! 

Cek kemasannya

Mengingat oleh-oleh akan dikirimkan dengan menggunakan motor (via Gojek atau Grab), sebaiknya pilih makanan atau minuman yang memiliki packaging aman. Lihat pula dimensi ukurannya, ya, jangan sampai menyusahkan driver dan juga Anda karena tidak muat atau terlalu besar untuk dimasukkan ke koper nantinya. 

Lokasi toko

Terakhir, jangan lupa untuk memilih toko oleh-oleh yang lokasinya tak jauh dari tempat Anda menginap. Selain lebih efisien, tentunya jarak yang dekat akan mempermudah pengiriman dan memangkas biaya ongkirnya. Jadi lebih hemat, deh!

Nah, dengan mengikuti tips di atas, dijamin Anda bisa belanja oleh-oleh dengan aman tanpa harus keluar hotel selama PPKM Darurat. Semoga bermanfaat, ya!