Posted on

Menghabiskan Akhir Pekan di Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang

sumber foto: instagram.com/balekambangmalang

Malang memang punya sejuta pesona. Namun tidak bisa disangkal, jika bicara soal destinasi wisatanya, pantai di Malang jarang sekali masuk ke dalam daftar prioritas. Padahal, Malang punya beberapa pantai cantik yang menunggu untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah Pantai Balekambang, yang terletak di Kecamatan Bantur, Malang. Pemandangan khas pantai yang eksotis dengan beragam daya tarik lainnya membuat pantai satu ini populer di kalangan masyarakat setempat.

Daya Tarik Pantai Balekambang

Seperti pantai pada umumnya, Pantai Balekambang juga banyak dikunjungi karena daya tariknya. Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah dengan deburan ombak yang menenangkan, di pantai ini, kamu juga bisa mengunjungi pura layaknya pantai di Bali!

Sedikit cerita, di Pantai Balekambang terdapat tiga batu karang besar yang mirip pulau kecil. Namanya adalah Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan juga Pulau Ismoyo. Nah, di salah satu pulau, yakni Pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura yang disebut sebagai Pura Amarta Jati. Letaknya sekitar 70 meter dari tepi pantai yang bisa disambangi dengan menggunakan jembatan yang tersedia. Tak hanya cantik, pura ini juga seringkali digunakan untuk ritual keagamaan Hindu saat Nyepi, lho.

Tidak berhenti sampai di situ saja, fasilitas di Pantai Balekambang ini juga sudah cukup terkelola dengan baik. Untuk kamu yang ingin datang dengan keluarga atau anak-anak, tersedia area main flying fox, ATV, dan permainan anak lainnya. Jika ingin menginap dan menghabiskan akhir pekan di pantai ini juga tersedia penginapan yang bisa disewa. Menarik sekali, bukan?

Lokasi Pantai Balekambang

Pantai Balekambang secara administratif masuk wilayah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Untuk mencapai lokasi pantai ini juga sebetulnya tidak sulit karena jalanannya pun sudah bagus. Petunjuk jalan sudah tersebar untuk menuju pantai dan jika ingin memanfaatkan maps pun, jalurnya sudah cukup terbuka. 

Dari alun-alun Malang, jarak yang perlu ditempuh adalah sekitar 56 km dengan durasi perjalanan 1 jam 50 menit. Tidak lama, bukan? Untuk itu, pantai ini cocok nih untuk menemani akhir pekanmu dan menyepi sejenak dari keramaian! Disarankan untuk datang di pagi atau sore hari karena pantai ini sedang cantik-cantiknya. Jangan khawatir dengan jam operasional arena pantai ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam nonstop, kok.

Harga Tiket

Tak hanya lokasinya yang strategis, harga tiket ke Pantai Balekambang juga sangat ramah di kantong. Tiketnya hanya sekitar Rp10.000 – Rp15.000 saja per orang. Jika kamu membawa kendaraan, ada juga biaya parkir yang harus kamu persiapkan yakni sekitar Rp5.000 – Rp10.000. 

Di pantai ini juga terdapat kedai-kedai kecil yang menjajakan makanan, jadi tidak perlu khawatir jika merasa lapar saat sedang main di pantai, ya. Harganya cukup normal dan tidak menguras kantong, kok!

Jadi, bagaimana, tertarik untuk mampir ke Pantai Balekambang? Selamat berlibur!