Posted on

Berbagai Rekomendasi Kuliner Nasi yang Populer di Malang

NASI JAGUNG MALANG - PIA CAP MANGKOK

“Belum makan kalo belum ketemu nasi!”

Ungkapan ini rasanya seringkali kita dengar, ya! Memang, di Indonesia sendiri kata ‘makan’ identik dengan nasi. Jadi, sebanyak apa pun kita makan, kalau belum menyantap nasi itu artinya kita belum makan. Unik, tapi memang demikian kebiasaan yang merebak di kalangan masyarakat Indonesia. Untuk itu, dalam artikel ini, jika sebelumnya kita sudah pernah membahas kuliner cwie mie di Malang yang legendaris, kali ini kita ingin mengajak kamu mencicipi olahan kuliner nasi di Malang.

Malang sendiri cukup kaya dengan olahan khas nasinya. Kekayaan rempah dan keunikan dalam penyajian kuliner nasi ini yang menjadi daya tariknya. Dan yang pasti, kelezatannya tak perlu diragukan lagi, ya!

Nasi Goreng Mawut

sumber foto: kooliner.com

Nasi goreng mawut atau yang juga dikenal dengan sego goreng mawut, merupakan menu olahan nasi yang bisa kamu temukan di Malang. Sebenarnya, di beberapa daerah lain juga mudah menemukan nasi goreng mawut, namun jika sudah di Malang, tak ada salahnya mencoba, bukan? Sego goreng mawut sendiri merupakan olahan nasi yang dimasak bersama dengan mie goreng dan bahan lainnya, sehingga terlihat menggugah selera. Rasanya mirip dengan nasi goreng, namun lebih kaya rempah dengan rasa asin pedas, plus ada tekstur mie ketika dikonsumsi. Nikmat! Jangan lupa nikmati dengan tambahan acar, ya.

Nasi Pecel Kawi

sumber foto: beritakubaru.com

Nah, kuliner yang satu ini sudah sering wara-wiri dalam daftar kuliner Malang yang wajib dicicipi. Ya, di Malang, nasi pecel kawi ini memang cukup legendaris. Biasanya, sajian ini seringkali dijadikan sebagai menu sarapan karena banyak warung nasi pecel yang sudah buka sejak pagi. Dalam satu piring nasi pecel kawi, terdapat nasi, sayuran pecel seperti kol, tauge, kacang panjang, kemudian disiram bumbu kacang. Tak lupa, nasi pecel ini juga disajikan dengan lauk pauk dan juga rempeyek kacang yang gurih serta lezat. Memulai hari sebelum jalan-jalan di Malang dengan menyantap nasi pecel kawi pastinya terasa nikmat, bukan?

Nasi Bakmoy

sumber foto: HO Tribun Medan

Sajian nasi berikutnya yang wajib kamu cicipi saat berada di Malang adalah nasi bakmoy. Tak hanya namanya yang mirip dengan ‘bakmi’, tetapi tampilannya juga, lho. Nasi bakmoy sendiri merupakan nasi berkuah yang disajikan dengan potongan daging ayam. Kuah untuk nasi bakmoy terbuat dari kaldu ayam yang berwarna kecokelatan. Saat disajikan, nasi akan diberikan beberapa topping seperti telur ayam rebus, daging ayam, dan tahu, lalu kemudian disiram dengan kuah kaldu ayam. Rasanya segar dan pastinya, mengenyangkan. Wajib dicoba untuk kamu yang suka dengan makanan berkuah, ya!

Nasi Jagung

sumber foto: pingpoint.com

Kuliner legendaris Malang lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah nasi jagung. Tidak sulit mencari nasi jagung di Malang karena banyak warung atau pedagang kaki lima yang menyajikan kuliner ini. Sesuai dengan namanya, nasi jagung merupakan olahan yang terbuat dari nasi serta jagung giling yang ditanak bersamaan. Biasanya, nasi jagung akan disajikan bersama dengan varian lauk seperti tempe goreng, telur dadar, ikan asing, bakwan jagung, dan juga urap. Sama halnya seperti nasi pecel, nasi jagung ini juga seringkali dijadikan sebagai menu sarapan.

Itu dia daftar rekomendasi kuliner nasi yang populer di Malang. Setelah menyantap rekomendasi di atas, dijamin perut kamu akan kenyang dan siap untuk berkeliling Malang lagi, deh. Sementara itu, kalau kamu hendak mencari oleh-oleh khas Malang, kami rekomendasikan Pia Cap Mangkok sebagai buah tangan. Pasalnya, Pia Cap Mangkok tersedia dalam berbagai kemasan yang bisa kamu pilih sesuai selera dan memiliki banyak varian rasa mulai dari kacang hijau, cokelat, keju, tangkwe, durian, kopi, hingga greentea. Selamat mencoba!