Posted on

Jelajahi Beberapa Wisata Candi di Malang Ini, Yuk!

CANDI JAGO MALANG - PIA CAP MANGKOK

Sudah menjadi rahasia umum jika Pulau Jawa memiliki berbagai peninggalan sejarah berupa candi yang tersebar dari ujung ke ujung. Candi ini merupakan saksi bisu kehidupan di zaman kerajaan dahulu yang menjadi penanda sejarah di masa lalu. Salah satunya adalah di Malang. Jika kamu tengah berkunjung ke Malang dan punya sedikit waktu luang, yuk mampir ke beberapa candi berikut ini untuk melongok sedikit ke masa lalu. Wisata candi di Malang juga bisa menjadi sarana edukasi dan juga membuka wawasan kamu tentang sejarah kerajaan di Indonesia, lho.

Simak daftarnya dalam artikel berikut ini:

Candi Singosari

CANDI SINGOSARI MALANG - PIA CAP MANGKOK

Lokasi: Jl. Tunggul Ametung No.4, Candirenggo, Kec. Singosari, Malang, Jawa Timur 65153

Candi Singasari merupakan candi peninggalan bersejarah dari Kerajaan Singasari yang berlokasi di Desa Candirenggo, sekitar 10 km dari Kota Malang. Dulunya, candi ini ditemukan oleh Nicolaus Engelhard pada tahun 1803. Sepintas, bangunan candi ini terlihat seolah bersusun dua, dengan bagian bawah atap candi yang berbentuk persegi. Nah, selain menikmati keindahan Candi Singasari, saat berkunjung ke tempat ini kamu juga bisa melihat Arca Dwarapala. Sesuai dengan namanya, yakni ‘dwara’ yang berarti ‘jalan’ dan ‘pala’ yang berarti ‘penjaga’, Arca Dwarapala merupakan patung penjaga candi. Di Candi Singasari, kamu bisa menemukan Dwarapala berukuran besar yang terlihat seperti raksasa dan memegang gada.

Candi Badut

CANDI BADUT MALANG - PIA CAP MANGKOK
Sumber foto: Welly Handoko/Travelingyuk.com

Lokasi: Jl. Raya Candi V No.5D, Doro, Karangwidoro, Kec. Dau, Kota Malang, Jawa Timur 65146

Konon, Candi Badut ditemukan oleh arkeolog sekitar tahun 1923. Candi ini berlokasi di kawasan Tidar dan diperkirakan dibangun jauh sebelum masa pemerintahan Airlangga, yaitu masa dimulainya pembangunan candi-candi lain di Jawa Timur. Tak heran jika candi ini termasuk ke dalam salah satu candi tertua yang ada di Jawa Timur. Melansir dari situs Perpustakaan Nasional RI, ternyata candi ini pernah dipugar di tahun 1925 – 1926. Tertarik untuk mampir ke Candi Badut ini?

Candi Jago

Sumber foto: pegipegi.com

Lokasi: Jl. Wisnuwardhana, Ronggowuni, Tumpang, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156

Untuk kamu yang ingin mengunjungi wisata candi dengan akses mudah dan parkir yang memadai, Candi Jago ini bisa menjadi pilihan. Sesuai dengan namanya, Candi Jago ini terletak di Dusun Jago, Desa Tumpang. Alhasil, tak jarang pula yang menyebut candi ini sebagai Candi Tumpang. Hanya saja, tahukah kamu jika dulunya menurut kitab Negarakertagama dan Pararaton, candi ini ternyata bernama Jajaghu—yang artinya adalah ‘keagungan’ dan menjadi istilah yang digunakan untuk menyebut tempat suci? Banyak sekali kisah sejarah yang bisa kamu temui saat berkunjung ke tempat ini!

Candi Kidal

Sumber foto: merdeka.com

Lokasi: Jl. Raya Kidal, Panggung, Kidal, Kec. Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65156

Candi Kidal terletak di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, tepatnya sekitar 20 km ke arah timur dari kota Malang.  Menurut sejarah, Candi Kidal merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Singosari. Dulunya, candi ini dibangun sebagai bentuk penghormatan atas jasa Anusapati atau raja kedua dari Singosari. Mengingat candi ini dibangun pada masa transisi dari zaman pemerintahan kerajaan Jawa Tengah ke Jawa Timur, tak heran jika di candi ini dapat ditemukan corak candi khas keduanya.

Nah, itu dia beberapa wisata candi di Malang yang bisa kamu kunjungi. Saat ke Malang, jangan lupa mampir ke salah satunya, ya!