Posted on

Top 5 Kuliner Lawas Malang: Wajib Coba!

Kuliner Lawas Malang

Mencari tempat makan kekinian di Malang memang tidak sulit. Sepertinya, hampir di seluruh penjuru Malang, terutama di area kota, kamu bisa menemukan banyak kafe dan restoran populer dengan interior menawan yang menanti untuk disambangi. Namun demikian, untuk kamu yang ingin mencicipi pengalaman yang berbeda, yuk cicipi kuliner lawas Malang! Dalam daftar ini, kamu bisa menemukan top 5 kuliner lawas di Malang, yang salah satunya bahkan sudah berdiri sejak tahun 1920, lho! Penasaran, kan? Simak daftarnya dalam artikel berikut ini, ya!

Sate Gebug (Sejak 1920)

Sate Gebug Malang - Pia Cap Mangkok

Sekilas tak ada yang istimewa dari warung sate ini. Lokasinya tidak terlalu besar jika dilihat dari luar dan tampilannya pun seperti warung pada umumnya. Namun demikian, tahukah kamu bahwa warung sate ini termasuk ke dalam deretan tempat makan lawas di Malang yang cukup populer? Pasalnya, Warung Sate Gebug ini berdiri di atas bangunan bekas peninggalan Belanda dan dibuka sejak tahun 1920. Tak hanya sate, warung ini juga menyediakan menu berbahan daging sapi lainnya seperti sop, soto, dan juga rawon. Dengan nuansa tempo dulu dan racikan menu yang nikmat, harga yang dibanderol di restoran ini juga cukup terjangkau. Jadi, cocok banget untuk dikunjungi saat ke Malang!

Alamat: Jl. Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 

Jam Buka: Sabtu – Kamis 08.00 – 16.30

Toko Oen Malang (Sejak 1930)

Toko Oen Malang - Pia Cap Mangkok

Belum lengkap pergi ke Malang jika belum menyambangi Toko Oen yang legendaris ini. Tahukah kamu, sebelum mendirikan cabang di Malang, Toko Oen pertama kali berdiri di Yogyakarta pada tahun 1910, lho. Barulah beberapa tahun kemudian, Toko Oen membuka cabang di beberapa kota besar, termasuk di Malang pada tahun 1930. Yang menarik dari Toko Oen tak lain dan tidak bukan adalah interiornya yang memadukan konsep jadoel serta vintage dan variasi menu yang beragam, mulai dari khas Belanda, Indonesia, hingga western. Ada juga aneka pastry nikmat yang bisa dicoba sembari menikmati es krim!

Alamat: Jl. Jenderal Basuki Rahmat No.5, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa TimurJam Buka: Setiap Hari 09.00 – 21.30

Puthu Lanang (Sejak 1935)

Untuk kamu yang ingin mencicipi kudapan manis dan ringan, kue putu bisa menjadi salah satu opsi terbaik. Di Malang, terdapat satu kedai legendaris yang menjual kue putu sejak tahun 1935. Adalah Puthu Lanang, yang terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto No.73, RT.03, Samaan, Kec. Klojen, Kota Malang. Kedai ini buka mulai sore jam 17:30 hingga 21:30. Hanya saja, biasanya masyarakat sudah mulai antri sejak pukul 5 sore demi mencicipi kenikmatan kue putu khas Puthu Lanang. Jadi, kalau kamu penasaran dengan rasa kue putu yang terbuat dari tepung beras, gula jawa, dan juga aroma daun pandan serta kelapa parut yang kuat, wajib banget untuk datang ke kedai Puthu Lanang, ya!

Alamat: Jl. Jaksa Agung Suprapto No.73, RT.03, Samaan, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur Jam buka: 17.30 – 21.30

Tahu Lontong Lonceng (Sejak 1935)

Tahu Lontong Lonceng Malang - Pia Cap Mangkok

Ingin mencicipi menu yang agak berat? Jangan lupa mampir ke Tahu Lontong Lonceng! Di tempat ini, kamu bisa mencicipi tahu telor lontong atau tahu telor nasi yang sudah tersohor kelezatannya. Konon, tempat makan ini sudah dirintis sejak lama, yakni sejak tahun 1935. Sebelum menetap seperti sekarang, pemilik tempat makan ini menjajakan tahu lontong miliknya dengan cara berkeliling ke tempat ramai. Seporsi tahu lontong dihargai sebesar Rp11.000 saja dan berisi kecambah, nasi atau lontong, potongan daun seledri, dan juga siraman bumbu kacang. Nikmat, sekali!

Alamat: Jl. Martadinata, Kotalama, Kec. Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur

Jam Buka: Setiap hari 11.00 – 22.00

Depot Hok Lay (Sejak 1946)

Kuliner lawas terakhir yang wajib kamu coba adalah Depot Hok Lay yang terletak di KH. Ahmad Dahlan. Tempat ini cukup legendaris karena didirikan satu tahun sejak kemerdekaan Indonesia, yakni di tahun 1946. Di sini, kamu bisa mencicipi menu cwie mie-nya yang luar biasa, lumpia semarang, dan yang pasti es fosco! Es fosco sendiri merupakan sejenis minuman susu cokelat, namun keunikan rasanya akan sulit kamu temukan di mana pun. Jadi, wajib banget mampir ke sini sembari bernostalgia pada interior depotnya yang tradisonal!

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan No.10, Sukoharjo, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 

Jam Buka: 09.00 – 13.30, 17.00 – 20.00

Nah, itu dia lima kuliner lawas di Malang yang bisa kamu cicipi. Mana yang paling ingin kamu kunjungi? Semoga bermanfaat, ya!